Sunday, July 15, 2012

Belajar Corel Draw

Haluuw kali ini ane gag cumak pengen jualan dan cari untung sendiri,  di sini ane ingin berbagi ilmu dengan ente-ente semua  yang pengen belajar corel draw ,  terutama untuk mpok-mpok dan bapak-bapak skalian  yang ingin belajar corel draw , hehee
belajar corel draw itu mudah kok .... langsung aja . !!

Coreldraw adalah aplikasi design grafis yang digunakan untuk membuat berbagai macam design seperti logo, kartu nama, kalender, poster, stiker dan lain-lain. Bayangan orang awam, belajar Coreldraw sangat sulit, oleh karena itu banyak dibuka kursus design grafis dengan harga yang mahal. Untuk itulah saya mencoba memberi ilmu kepada para blogger untuk belajar Coreldraw tanpa biaya.
Menurut saya belajar komputer design grafis seperti orang membuka pintu. Posisi saya disini adalah membantu membuka pintu itu. Setelah pintu terbuka, silahkan Anda mendalami materi design grafis sendiri.Saya minta maaf software yang dipakai masih Coreldraw 11 karena kebetulan yang terinstal di komputer masih Coreldraw 11. Tetapi tidak apa-apa karena tidak terlalu berbeda dengan seri Coreldraw selanjutnya. Selamat belajar dan berlatih.
Tutorial 1 : Memulai Coreldraw
Langkah-langkah : 

1. Klik Start – All programs – Coreldraw 11 – Coreldraw 11
2. Kita memasuki tampilan awal


3. Pilih New Graphic dan kita memasuki jendela kerja Coreldraw

Tutorial 2 : Mengenal Jendela kerja Coreldraw

Dari sekian banyak komponen dalam jendela kerja Coreldraw, saya hanya akan menerangkan beberapa saja yang penting dipahami untuk pemula. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar lebih mudah untuk belajar. Komponen yang lain akan bisa dipahami setelah cukup mahir.
Komponen-komponen itu antara lain :



  1. Title bar (A)
    Title bar berisi informasi tentang aplikasi yang sedang aktif dan file yang dikerjakan. Apabila file itu belum pernah disimpan, maka secara otomatis akan diberi nama Graphic1.cdr, Graphic2.cdr dan seterusnya.
  2. Menu bar (B)
    Menu bar berisi perintah mengenai file yang akan atau sedang dikerjakan. Perintah yang dapat dipilih adalah yang berwarna jelas, sedangkan yang berwarna buram (tidak aktif) menunjukkan bahwa perintah tersebut tidak sesuai dengan objek yang sedang dikerjakan. Yang ada di dalam menu bar adalah File, Edit, View, Layout, Arrange, Effects, Bitmaps, Text, Tools, Windows, dan Help.
  3. Standart toolbar (C)
    Standar toolbar berisi perintah-perintah standar. Standar toolbar dimiliki oleh semua aplikasi under windows, seperti membuat file baru, menyimpan, copy, paste dan lain-lain
  4. Toolbox (D)
    Toolbox adalah sekumpulan peralatan yang dapat digunakan untuk membuat dan mengatur gambar, garis dan warna. Untuk lebih mudahnya, sorot dengan mouse maka akan menampilkan namanya.
  5. Printable area (E)
    Printable area adalah area yang bisa kita cetak dalam media kertas
  6. Color palette (F)
    Palet warna berisi jenis-jenis warna yang bisa kita gunakan untuk fill maupun outline objek sesuai dengan default warna yang kita gunakan

ok, sebelum kita lanjukan ada baiknya jika anda memahami terlebih dahulu , setelah anda sudah merasa mengerti akan kita lanjutkan di lain waktu . ane mau pergi ngopi dulu gan ....

Tunggu cara belajar Coreldraw dengan mudah selanjutnyta. keep strong guys .... \m/



3 comments:

  1. Saya punya file "Tutorial Dasar Tracing Menggunakan CorelDRAW" bikinan sendiri gan..Kalo berminat monggo silahkan mampir download. Asli gratis.

    ReplyDelete